Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2015, 20:01 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com — Vagina itu luar biasa. Bukan hanya karena lewat vagina seorang bayi muncul ke dunia. Juga bukan cuma tentang kepuasan seksual yang didapat pria (dan wanita) karena vagina. Ada banyak hal lain yang membuat organ intim wanita ini patut disyukuri dan dirawat. Tak percaya? Baca dulu apa saja keajaiban vagina di sini.

 

1. Mampu "membersihkan dirinya sendiri"

Vagina sangat menakjubkan dalam hal kemampuan "membersihkan dirinya sendiri". Jika kadang Anda dapat mencium bau khas (bukan bau seperti busuk menyengat karena infeksi) dan melihat ada cairan keruh keluar dari vagina, itulah hasil pembersihan dari dalam vagina.

Menurut US Department of Health and Human Services, pemakaian douche untuk membersihkan bagian dalam vagina tidak diperlukan, bahkan tidak dianjurkan karena douche ditemukan dapat menyebabkan infeksi, iritasi, dan mengubah pH seimbang vagina Anda.

 

2. Klitoris bisa ereksi

Tidak ereksi seperti penis, tetapi semacam itu. Ketika wanita terangsang, darah yang mengalir ke area genital menjadi lebih banyak. Inilah yang menyebabkan klitoris membesar dan lebih tegak, sama seperti proses ereksi pada pria.

 

3.  Dua kali lipat lebih sensitif daripada penis

Klitoris, meski ukurannya kecil, memiliki 8.000 saraf. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari jumlah saraf yang dimiliki penis. Hasilnya, selain lebih sensitif, orgasme klitoris juga lebih kaya rasa dan lebih sensasional.

 

4. Berubah warna

Jangan bayangkan seperti bunglon. Vagina berubah warna bukan karena menyesuaikan diri dengan lingkungan atau berkamuflase dari musuh. Vagina berubah warna menjadi lebih gelap seiring dengan pertambahan umur.

 

5. Membesar berpuluh kali lipat

Saat terangsang, ukuran vagina menebal bisa hampir dua kali ukuran normal. Selain itu, otot-otot tubuh juga mengencang, menarik rahim ke atas, menciptakan ruang lebih untuk penetrasi. Demikian kata Dr Debby Herbenick, profesor kesehatan dan seksualitas sekaligus Co-Director di Center for Sexual Health Promotion, School of Public Health-Bloomington Indiana University.

 

6. Seperti bunga

Vagina dapat mekar dan menguncup seperti bunga. Bedanya, pada bunga, proses mekar dan menguncup butuh waktu berhari-hari, sedangkan pada vagina proses ini berlangsung cepat. Ingat senam kegel? Seperti itulah. Hal ini dapat membuat hubungan seksual jadi lebih dahsyat bagi pria.

 

7. Dapat "bicara"

Tanpa suara, tentu saja. Cairan vagina "berbicara" banyak tentang masa subur Anda. Coba Anda perhatikan, cairan vagina kadang berwarna bening dan kadang putih susu. Ketika berwarna putih susu, inilah saat subur Anda. Cairan vagina yang keluar pada masa subur dapat memberi kehidupan pada sperma selama tiga hari berturut-turut.

 

8. Berpotensi menyelamatkan kehidupan

Telah ada penelitian ilmiah yang menguji penggunaan darah menstruasi untuk mengobati orang-orang dengan gagal jantung. Para ilmuwan mengekstrak sel induk vagina untuk membuat sel-sel otot jantung. Penelitian ini pernah dimuat di Journal Translational of Medicine tahun 2013. Saat ini, penelitian sedang di fase percobaan. Kita boleh berharap hasil positif dari penelitian ini sambil merenungkan betapa hebatnya vagina itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com