Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2015, 20:20 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk mengatasi batu ginjal adalah operasi. Namun, penelitian terbaru ini menemukan cara lain, yaitu dengan berhubungan seksual bagi pasangan suami dan istri.

Peneliti dari Clinic of Ankara Training and Research Hospital di Ankara, Turki menyarankan, berhubungan seks setidaknya dilakukan tiga sampai empat kali per minggu untuk dapat mengatasi batu ginjal.

Peneliti yang juga dari Departemen Urologi di rumah sakit melibatkan 75 peserta dan membaginya dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diminta melakukan hubungan seks tiga sampai empat kali per minggu, kelompok kedua diberikan tamsulosin, yaitu obat yang mengendurkan otot prostat pada pria sehingga buang air kecil menjadi lebih sering, dan ketiga, pasien diberi perawatan medis standar untuk pengobatan batu ginjal.

Setelah dua minggu, peneliti menemukan bahwa 26 dari 31 peserta dari kelompok yang diminta berhubungan seksual berhasil mengeluarkan batu ginjal mereka. Pada kelompok kedua, sebanyak 10 dari 21 peserta yang berhasil, dan kelompok ketiga hanya 8 dari 23 peserta yang berhasil mengatasi batu ginjalnya.

Batu ginjal yang berhasil dikeluarkan rata-rata berukuran 4,7 milimeter. Sementara dalam penelitian serupa yang dipublikasikan di Annals of Emergency Medicine mengungkapkan, berhubungan seks nampaknya hanya efektif untuk mengobati batu ginjal yang ukuranya masih kecil.

Jika ukurannya sudah lebih besar, dokter harus beralih memberikan obat tamsulosin. Diungkapkan peneliti, pasien yang diberikan tamsulosin, sebanyak 83,3 persen berhasil menyembuhkan batu ginjal berukuran 5-10 milimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com