Kompas.com - 15/11/2015, 16:09 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seseorang yang terkena diabetes akan memerlukan pengobatan yang terus-menerus untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi. Tapi ada pengobatan lain yang bisa dilakukan sendiri untuk membantu mencegah penyakit ini bertambah buruk.

Menurut Dokter Mulyani Anny dari RS Siloam, penderita diabetes bisa melakukan berbagai hal kecil untuk mencegah diabetes berkembang menjadi penyakit lain yang ditimbulkan darinya.

“Yang penting untuk dilakukan adalah memperbaiki pola hidup, mulai dari mengurangi makanan bergula tinggi, makanan kolesterol tinggi, dan melakukan aktivitas fisik secara rutin,” ujarnya dalam acara World Diabetes Day, Tropicana Slim di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (15/11/2015).

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah manajemen stres. Pasalnya, stres juga dapat memengaruhi risiko meningkatkan gula darah, yang ujungnya bisa memperburuk penyakit.

Karena itu, dokter Mulyani mengatakan, bahwa para penderita diabetes harus menghadapi penyakitnya dengan tenang dan tetap fokus. Tak perlu memikirkan penyakit lain yang bisa ditimbulkan dari diabetes.

“Para penderita diabetes tidak usah terlalu stres, tetap tenang, gaya hidup diperbaiki, dan minta dukungan keluarga, karena itu sangat penting,” imbuhnya.

Dr. Mulyani  menambahkan, untuk mengetahui seseorang terkena diabetes atau tidak, perlu dilakukan check-up minimal satu kali setahun. “Karena banyak penyakit yang awalnya tidak bisa dirasakan oleh tubuh kita, kemudian tiba-tiba kita cepat  lemas, cepat sesak, suka sakit kepala. Itulah kenapa diharuskan check -up terutama cek gula darah, minimal sekali setahun,” katanya.

Dengan rutin melakukan check-up, diabetes dapat terdeteksi lebih dini, sehingga pengobatannya pun lebih cepat dilakukan. Jika gula darah belum terlalu tinggi, bisa segera memperbaiki pola hidup untuk mencegah diabetes bertambah buruk. Namun, jika ternyata gula darah sudah sangat tinggi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. (Gibran Maulana)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.