Kompas.com - 28/12/2015, 17:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa segelas anggur memiliki jumlah kalori sama dengan  sepotong cokelat dan segelas besar  bir mengandung kalori sama banyaknya dengan  sebungkus keripik?

Jika dihitung, minum lima gelas bir dalam seminggu, sama artinya dengan menambah ekstra kalori sebesar 44.200 kcal dalam setahun. Itu sama saja dengan Anda makan sekitar  221 donat.

Belum lagi kalori dari makanan ringan yang biasa jadi camilan pendamping minuman beralkohol seperti keripik dan kacang.

Peminum berat, kerap mengonsumsi sarapan tidak sehat sebagai kompensasi dari rasa pusing dan mual mereka. Hal ini tentu akan semakin memperburuk kesehatan.

Temuan ini didapat dari hasil survei Departermen Kesehatan Inggris terhadap hampir 2.000 orang dewasa pada tahun 2009.

Sering minum minuman beralkohol, apalagi dalam jumlah berlebihan, secara signifikan akan memengaruhi lingkar pinggang Anda dan meningkatkan risiko beragam penyakit serius seperti jantung, ginjal dan liver.

Banyak orang tidak sadar, dua gelas besar white wine (minuman anggur putih) membuat mereka kelebihan 20 persen kalori dari jumlah harian  yang dianjurkan, atau sebesar total 370 kcal.

Wine, bir, cedar, dan semua minuman favorit banyak orang, terbuat dari pati alami dan gula. Fermentasi dan distilasi untuk minuman tertentu, digunakan untuk menghasilkan kandungan alkohol.

Hal ini menjelaskan, mengapa alkohol mengandung banyak kalori. Tujuh kalori  per gram alkohol  hampir sama banyaknya dengan satu gram lemak. Beragam bahan yang dicampurkan ke dalam minuman alkohol tertentu, juga menambah jumlah kalori yang dapat membahayakan berat badan Anda.

 

Menjaga berat badan                          

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.