Kompas.com - 26/01/2016, 13:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ternyata serangan jantung pada wanita berbeda dengan serangan pada pria. Pada wanita serangan jantung sering terlewatkan atau sering dikira penyakit lain.

Hal ini diungkapkan dalam laporan American Heart Association (AHA). Mereka mengingatkan bahwa gejala-gejala serangan jantung pada wanita sangat berbeda dengan pria.

Wanita cenderung mengalami gejala nausea, napas pendek-pendek, nyeri rahang dan punggung dibandingkan gejala pada pria yang berupa nyeri dada menusuk. Karena itu, dalam pernyataannya AHA mengatakan dokter mungkin tidak mendiagnosa serangan jantung pada wanita sehingga menghasilkan pengobatan tak tepat.

Laporan itu mengulas bagaimana faktor risiko serangan jantung pada wanita juga berbeda. Wanita muda penderita diabetes tipe 2, misalnya, berisiko empat sampai lima kali lebih besar daripada pria.

Bukti-bukti juga kuat mengindikasikan bahwa stres psikologis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita dibandingkan pria.

Catatan dari laporan tersebut, wanita pun kurang terwakili dalam percobaan klinis penyakit jantung. Mereka umumnya meliputi kurang lebih 20 persen dari masyarakat yang terdaftar.

Bahkan ketka wanita terlibat dalam percobaan, periset sering tidak menguraikan data berdasarkan jenis kelamin yang dapat memperdalam pemahaman ilmuwan mengenai penyakit jantung pada tubuh wanita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber TIME.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.