Kompas.com - 12/03/2016, 12:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Setiap orangtua tentu akan membekali anaknya dengan ilmu kehidupan agar mereka mandiri dan bertahan di dunia nyata. Selain itu, orangtua seharusnya juga mempersiapkan buah hatinya untuk hidup di dunia maya.

Kemudahan akses internet membuat anak sejak dini sudah akrab dengan dunia maya. Sejak aplikasi media sosial bermunculan, media ini dipakai bukan hanya untuk berkomunikasi, tapi juga mengekspresikan diri.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, 22 persen remaja masuk ke situs media sosial favoritnya lebih dari 10 kali sehari, dan sekitar 75 persen mengecek akun media sosial di ponsel pribadinya.

Keterlibatan yang erat dengan media sosial meningkatkan risiko cyberbullying, depresi Facebook (fenomena baru di mana saat seseorang menghapus pertemanan dan juga bullying online memicu gejala depresi), paparan konten untuk dewasa, dan sebagainya.

Perilaku netizen memang sudah terlalu bebas. Mereka dengan mudah mencela, bahkan memfitnah seseorang yang bahkan tidak mereka kenal.

Menurut Widuri dari LSM Information, Communication, Technologi (ICT) Watch yang salah satu programnya adalah internet sehat, internet bagaikan pasar atau mal yang bisa membuat seorang anak tersesat. "Butuh pendampingan dan pengawasan orangtua," ujarnya.

Meski saat ini sudah ada aplikasi atau alat untuk membatasi apa yang bisa dilihat anak di internet, namun menurut Widuri yang terpenting adalah komunikasi anak dan orangtua.

"Jangan cuma mengandalkan alat, tapi jalin komunikasi terbuka dengan anak, termasuk tentang etika di dunia maya," katanya.

Berikut adalah beberapa tips mendampingi anak mengarungi dunia maya.

- Lebih pintar dari anak
Tidak semua orangtua aktif di media sosial, tapi jika anak Anda memakai sosial media, sebaiknya Anda juga dan berteman dengannya. Paling tidak Anda bisa melihat apa yang mereka posting dan siapa saja yang berinteraksi dengannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.