Kompas.com - 16/03/2016, 11:23 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Sayangnya, masih banyak orangtua yang tidak tahu kebutuhan tidur anak-anaknya.

Dibandingkan faktor lain yang berpengaruh dalam tumbuh kembang anak, kebutuhan tidur adalah hal yang paling sedikit dipahami orangtua.

Sekitar satu dari empat orangtua mengira durasi tidur anak lebih sedikit dari yang direkomendasikan, sementara satu dari lima orangtua menganggap durasinya lebih lama dari yang disarankan para pakar.

"Anak yang kekurangan waktu tidur kesulitan dalam hal perhatian, mood, belajar, kesehatan, juga bermasalah dalam perilakunya di sekolah dan di rumah," kata Philippa McDowll, peneliti dari Selandia Baru yang melakukan survei ini.

Ketika seorang anak mengalami gangguan tidur, mengedukasi orangtua adalah langkah pertama yang harus dilakukan tenaga kesehatan. Demikian saran peneliti yang melaporkan hasil studinya di jurnal Sleep Medicine.

Kebutuhan tidur setiap anak bervariasi. Berikut rekomendasi durasi tidur yang spesifik bagi tiap jenjang usia:

1. Bayi baru lahir (0-3 bulan): durasi tidur yang direkomendasikan 14-17 jam perhari.

2. Bayi usia 4-11 bulan: durasi tidur menjadi 12-15 jam perhari.

3. Batita (1-2 tahun): durasi tidur 11-14 jam perhari.

4. Balita (3-5 tahun): durasi tidur 10-13 jam perhari.

5. Anak-anak usia 6-13 tahun: 9-11 jam perhari.

6. Remaja usia 14-17 tahun: durasi tidur mereka 8-10 jam perhari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.