Kompas.com - 23/03/2016, 19:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menurut Susan Blum, MD, penulis The Immune System Recovery Plan, pendiri dan direktur Blum Center for Health, sangat penting bagi kita untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak usus dan sistem pencernaan.

Karena, sistem pencernaan yang terganggu akan membahayakan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Inilah lima kebiasaan yang dapat merugikan pencernaan sehingga merusak juga kekebalan tubuh Anda.

 

1.Mengonsumsi obat antasida
Antasida, terutama jenis yang kuat, memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh. Blum menjelaskan bahwa beberapa antasida, bersifat menyerap asam. Jenis lain yang lebih kuat yang disebut proton-pump inhibitors (PPI) dapat mengubah pH perut Anda, yang seharusnya sangat asam untuk mensterilkan semua makanan yang Anda makan. Ketika perut tidak bisa mensterilkan makanan dengan benar, tubuh akan mudah infeksi.

Satu studi Mayo Clinic menemukan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi PPI memiliki lebih sedikit keragaman bakteri usus dan ini meningkatkan risiko penyakit seperti infeksi Clostridium difficile dan pneumonia.

Apa yang harus dilakukan: Blum memperingatkan agar konsumsi antasida harus berjarak tiga bulan dari konsumsi sebelumnya. Hindari makanan yang yang dapat memicu asam refluks.

 

2. Anda mengonsumsi obat pereda nyeri
Selain antasid, Blum mengatakan bahwa beberapa obat nyeri seperti steroid dan NSAID dapat merusak lapisan usus dan menyebabkan sindrom usus bocor, yang ditandai dengan peningkatan permeabilitas usus. Akibatnya, infeksi dan partikel makanan membuat jalan melalui dinding usus dan masuk ke tubuh Anda. Alhasil, sistem kekebalan tubuh menurun.

Apa yang harus dilakukan: Jangan menggunakan obat pereda nyeri setiap hari atau secara rutin misalnya beberapa kali seminggu.

 

3. Anda sedang mengonsumsi antibiotik
Antibiotik juga dapat berkontribusi melemahkan sistem kekebalan tubuh, kata Shilpi Agarwal, MD, dokter integratif dan holistik obat dokter.

Wanita, karena lebih rentan menderita penyakit infeksi, seperti infeksi saluran kemih, yang sering diobati dengan antibiotik, memiliki risiko penurunan sistem imun lebih tinggi.

Antiibiotik dapat membunuh bakteri baik di pencernaan. Jika pencernaan tidak sehat maka kekebalan tubuh akan terganggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.