Kompas.com - 28/03/2016, 18:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan pembakaran kalori maksimal pada sesi olahraga, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari England’s University of Surrey menyarankan, seseorang harus mengonsumsi karbohidrat di waktu yang tepat. Dan itu berbeda antara pria dan wanita.

Ketika pria mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga, tubuh mereka akan membakar lebih banyak kalori dan lemak selama tiga jam pasca olahraga ketimbang para pria yang makan karbohidrat sebelum olahraga.

Sedangkan untuk perempuan, kondisi itu justru terjadi sebaliknya. Perempuan yang makan karbohidrat sebelum olahraga, akan membakar kalori dan lemak lebih banyak. Sementara bagi perempuan yang makan karbohidrat setelah sesi olahraga, mengalami pembakaran yang lebih sedikit.

Untuk mengonfirmasi hasil tersebut, para peneliti bekerja sama dengan salah satu show BBC Trust Me, dan melibatkan Dokter untuk menganalisis kembali penelitian tersebut.

Dalam sesi tersebut, responden pria dan wanita mengambil tiga kelas latihan Zumba, HIIT, dan spinning selama satu bulan dan mengonsumsi karbohidrat sebelum atau setelah latihan.

Hasil yang didapat pun sama: Pria yang mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga dan wanita yang mengonsumsinya sebelum olahraga berhasil membakar kalori dan lemak lebih banyak.

Menurut penulis studi Adam Collins, Ph.D., ada bukti yang menunjukkan bahwa saat pria berolahraga tanpa ada asupan karbohidrat, maka tubuh pria akan beradaptasi lebih besar dalam membakar lemak dan membentuk otot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.