Kompas.com - 02/04/2016, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Penyakit asam urat yang ditandai dengan nyeri pada persendian dan sakit bila digerakkan merupakan salah satu musuh pria. Dibanding wanita, asam urat (gout) memang banyak dialami pria berusia di atas 40 tahun.

Nyeri pada persendian, paling sering di bagian kaki, pada asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat yang berlebihan di persendian.

Laki-laki memiliki kadar asam urat lebih tinggi dibanding wanita sehingga rentan terserang gout. Pada perempuan, hormon estrogen membuat pengeluaran asam urat dari dalam tubuh lebih efektif.

Dahulu penyakit asam urat dianggap penyakit orang kaya karena disebabkan oleh mengonsumsi terlalu banyak daging, susu, serta wine yang mahal.

Selain pola makan, faktor usia juga berpengaruh pada terjadinya gout. Faktor lainnya adalah gangguan kesehatan kronik seperti tekanan darah tinggi.

Tidak semua orang yang memiliki kadar asam urat tinggi akan mengalami gout. Kemampuan ginjal untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh ikut menentukan, dan kondisi ini merupakan faktor keturunan.

Namun, tak berarti jika ada keluarga yang menderita asma urat kita pasti juga terkena. Risikonya bervariasi dipengaruhi oleh pola makan dan kebiasaan juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber WEBMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.