Kompas.com - 04/04/2016, 10:36 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meskipun si kecil bisa tidur sepanjang malam tanpa gangguan, sebaiknya ibu tetap membangunkannya untuk disusui. Mengapa? Inilah tiga alasannya:

1. Bayi mengonsumsi ASi lebih banyak di malam hari. Studi memperlihatkan, 20 persen asupan susu bayi didapat saat malam hari. Untuk bayi yang memiliki berat badan kurang, minum ASI di malam hari bisa membantu meningkatkan asupan kalori dan nutrisi untuk perkembangannya.

2. Setelah menyusu, bayi bisa tidur lebih nyenyak. ASI mengandung triptopan, sejenis asam amino yang bisa memancing kantuk. Triptopan juga merupakan salah satu bahan pembentuk serotonin, hormon yang mengatur mood dan siklus tidur. Jadi, memberi ASI pada bayi supaya tidur akan membantu membentuk perkembangan otaknya.

3. Produksi prolaktin lebih tinggi di malam hari. Dengan demikian, menyusui di malam hari akan membuat suplai ASI tetap terjaga, bahkan jadi meningkat. (Irene)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.