Kompas.com - 20/06/2016, 13:59 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Australia mengeluarkan travel advisory ke Indonesia terkait kasus zika. Seperti dikutip dari News.com.au, Australia mengimbau warga negaranya mewaspadai adanya transmisi sporadis virus zika di Indonesia dengan melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Menanggapi hal itu, Kementerian Kesehatan RI menegaskan Indonesia bukan daerah endemis zika dan bukan daerah yang tertular zika.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan M Subuh mengatakan, memang ada warga Indonesia asal Blitar, Jawa Timur yang dinyatakan positif zika di Taiwan.

Namun, setelah ditelusuri kontak di Blitar, semua warga lainnya negatif zika. Meski demikian, upaya pencegahan tentu terus dilakukan.

"Upaya kesiagaan dan pencegahan terus dilakukan Kemenkes melalui peningkatan surveilan DBD dan pemberantasan sarang nyamuk," kata Subuh, Senin (20/6/2016).

Subuh mengatakan, upaya pencegahan sudah dilakukan secara berjenjang oleh Dinas Kesehatan di provinsi dan kabupaten kota.

Pada dasarnya, pencegahan virus zika sama dengan deman berdarah dengue (DBD). Subuh meminta masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

PSN dilakukan dengan cara 3M Plus, yaitu menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan barang bekas, plus mencegah terkena gigitan nyamuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.