Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Gemuk Perlu Turunkan Berat Badan Sedikit agar Cepat Hamil

Kompas.com - 05/07/2016, 12:19 WIB

KOMPAS.com - Berat badan berlebih menjadi salah satu penyebab kehamilan lebih sulit diraih seorang wanita. Penurunan berat badan sedikit ternyata cukup efektif meningkatkan peluang kehamilan.

Dalam sebuah penelitian terhadap wanita yang mengalami susah hamil (infertilitas), diketahui penurunan berat badan sekitar 4 kilogram dalam waktu 6 bulan akan meningkatkan peluang kehamilan sampai dua kali lipat.

Penurunan berat badan itu sebaiknya diraih melalui pengaturan pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik.

Hasil penelitian itu disampaikan dalam pertemuan the European Society of Human Reproduction and Embryology di Helsinki.

Penelitian itu melibatkan 577 wanita gemuk yang mengalami infertilisa. Mereka dibagi dua kelompok, pertama diberi saran untuk menurunkan berat badan lewat diet dan olahraga dengan target penurunan 5 persen dari berat badan semula. Kelompok kedua tidak diberikan intervensi apa pun.

Sekitar 1 dari 4 wanita di kelompok pertama yang berat badannya berhasil dikurangi hamil, sementara di kelompok kedua hanya 1 dari 10 prang.

Menurut ketua peneliti, Dr.Anne Van Oers, dampak paling besar akan dirasakan oleh wanita kegemukan yang siklus haidnya tidak teratur atau tidak haid.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi pola hidup pada wanita gemuk akan meningkatkan peluang hamil secara alami, terutama pada wanita yang tidak mengalami ovulasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com