Kompas.com - 08/08/2016, 13:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Atlet olimpiade yang patah kaki, terinfeksi virus Zika, atau bahkan serangan teroris, semua akan ditangani di pusat layanan kesehatan Americas Medical City, Rio De Jenairo.

Cedera merupakan risiko yang sulit dihindari dalam kompetisi olahraga, dan terkadang hal itu terjadi pada waktu yang tidak tepat, misalnya selama pesta olahraga dunia olimpiade.

Pada Sabtu (6/8/2016) lalu, seorang atlet Perancis dari cabang gimnastik Samir Ait Said mengalami cedera serius, patah kaki akibat kesalahan mendarat ketika bertanding.

Bukan cuma Said, semua atlet yang mengalami cedera selama olimpiade akan dibawa ke Americas Medical City, sebuah kompleks perawatan kesehatan yang terdiri dari dua rumah sakit, yaitu Hospital Samaritano dan Hospital Vitoria.

Dibangun sejak tahun 2014, kompleks yang modern ini didesain sebagai rumah sakit untuk menangani atlet yang cedera.

Pelayanan yang diberikan berstandar tinggi semua. Dokter anestesi, dokter bedah umum, bedah ortopedi, ahli jantung, dan juga saraf, berjaga selama 24 jam untuk merespons setiap kejadian darurat. Rumah sakit tersebut juga dilengkapi dengan teknologi MRI, PET scan, dan X-ray termutakhir.

Fasilitas laboratorium dan diagnostik juga didesain khusus untuk mengatasi infeksi yang serius seperti Zika dan penyakit menular lainnya.

Bahkan, rumah sakit ini juga sudah siap untuk memberi penanganan pertama korban serangan teroris, sebelum dirujuk ke fasilitas lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Healthland
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.