Kompas.com - 05/09/2016, 19:37 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Berencana menguasai bahasa asing baru seperti bahasa Spanyol, Perancis atau Jerman, karena Anda akan melakukan perjalanan dinas ke sana? Peneliti menemukan cara agar kinerja otak dalam menyerap bahasa baru menjadi lebih baik.

Banyak nasihat bijak yang bilang, cara terbaik untuk menguasai bahasa baru ialah berlatih, berlatih, dan berlatih. Itu memang benar, tapi masih ada langkah lain yang tak boleh Anda lewatkan, yaitu tidur di antara waktu belajar.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Psychological Science menegaskan bahwa praktek menguasai keterampilan baru, seperti menguasai bahasa, yang diselingi oleh tidur mampu meningkatkan retensi jangka panjang Anda akan informasi.

Misalnya, saat Anda ingin menguasai satu bab dalam buku pelajaran bahasa asing, maka setelah Anda mempraktikkan di hari ini, pergilah tidur, dan ulangi keesokan harinya. Atau, kuasai setengah bab saat malam, lalu tidurlah, dan lanjutkan kembali setengah bab sisanya di pagi hari.

Dalam studi tersebut, peneliti membagi responden dalam dua kelompok yang sedang belajar dan berlatih kosakata asing.

Kelompok pertama diminta belajar di pagi dan malam hari pada hari yang sama, sementara kelompok kedua belajar di malam hari, tidur semalaman, dan melanjutkan belajar pada keesokan harinya.

Setelah menilai hasil belajar selama satu minggu dan kemudian enam bulan, pemimpin studi menemukan, bahwa tidur di antara sesi belajar tidak hanya mempercepat waktu untuk berlatih tetapi juga membuat peserta mengingat informasi dalam jangka panjang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.