Kompas.com - 02/12/2016, 18:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Pasangan yang mengalami keguguran disarankan untuk tidak menunda kehamilan demi kesuksesan kehamilan selanjutnya.

Para ilmuwan dari Universitas Aberdeen mendapati, perempuan lebih mungkin untuk
memiliki kehamilan yang sukses jika mereka hamil kembali dalam waktu enam bulan setelah mengalami keguguran.

Namun, hasil penelitian ini bertentangan dengan rekomendasi WHO. Pedoman pengawas kesehatan internasional merekomendasikan perempuan pasca-keguguran untuk menunggu setidaknya setelah enam bulan sebelum mencoba untuk hamil kembali.

Hamil lagi dalam waktu enam bulan dinilai peneliti mampu mengurangi kemungkinan keguguran sebanyak 18 persen dan mencegah terjadinya berat lahir rendah sebesar 21 persen. Selain itu, risiko terjadinya preeklampsia dalam kehamilan pun turut berkurang.

Peneliti utama Dr Sohinee Bhattacharya mengatakan, "Studi ini menunjukkan bahwa hamil kembali dalam waktu enam bulan setelah keguguran adalah yang terbaik.”

“Perempuan kemungkinan besar menjadi lebih subur pasca-keguguran karena perawatan diri yang lebih baik dan lebih termotivasi untuk kembali memiliki anak.”

Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction Update dengan melihat 16 studi yang melibatkan lebih dari satu juta perempuan.

Profesor Andrew Shennan, Direktur Tommy’s Prematurity Research Centre di Imperial College London, mengatakan, "Temuan ini menarik karena bertentangan dengan praktik saat ini dan kepercayaan umum bahwa pasangan harus menunda konsepsi pasca-keguguran.”

“Informasi baru ini sangat positif dan perempuan harus diyakinkan bahwa mereka bisa mencoba untuk hamil sesegera mungkin setelah keguguran jika mereka ingin, tentu saja dengan pengawasan dan konsultasi dokter."

Dan Ruth Bender Atik, direktur nasional dari Asosiasi Keguguran, mengatakan, "Ini dapat menjadi dorongan yang positif bagi pasangan yang ingin mencoba untuk hamil kembali setelah keguguran. Pasangan dapat memilih untuk mencoba lagi setiap kali mereka merasa siap untuk melakukannya."

Profesor Adam Balen, Ketua British Fertility Society, menambahkan, "Penelitian besar ini meyakinkan kita bahwa tidak ada risiko jika perempuan ingin segera mencoba untuk hamil lagi pasca-keguguran.”

Menurut dia, anggapan bahwa setelah wanita keguguran harus menunggu enam bulan sebelum mencoba untuk hamil lagi patut ditinjau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.