Kompas.com - 09/02/2017, 12:35 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Penurunan daya ingat di usia lanjut mungkin sulit kita hindari, namun ketajaman penurunannya bisa diperlambat.

Beberapa kegiatan sederhana tapi menyenangkan, seperti membuat kerajinan, menonton film atau pertunjukan, serta bermain games, diketahui bisa menurunkan risiko terjadinya gangguan kognitif ringan.

Walau gangguan itu tidak berat, tapi orang yang mengalami gangguan kognitif ringan umumnya juga beresiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia di kemudian hari.

Dalam peneltian yang dimuat di jurnal JAMA Neurology diketahui para responden yang melakukan aktivitas-aktivitas seperti menonton film atau aktif bersosialisasi risikonya mengalami penurunan daya ingat lebih rendah.

Penggunaan komputer, misalnya untuk bermain games, memiliki manfaat paling besar dalam hal memperbaiki kemampuan memori dibanding melakukan kerajinan atau menonton.

Yang menarik, ternyata hobi membaca menurut studi tersebut tidak menurunkan risiko gangguan kognitif. Para ahli menduga, walau aktivitas itu bermanfaat bagi kesehatan mental, tetapi untuk merangsang otak diperlukan keterampilan teknik dan manual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.