Kompas.com - 13/02/2017, 12:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Setidaknya lima orang pasien tak sengaja tertular HIV di sebuah rumah sakit di China, setelah dokter menggunakan jarum suntik tidak steril untuk terapinya.

Dokter di sebuah rumah sakit pengobatan tradisional China di Hangzhou tersebut kini menjalani penyelidikan polisi.

Menurut koran South China Morning Post, pemerintah China mengatakan kejadian di Zhejiang Provincial Hospital of Traditional Chinese Medicine itu sebagai "kecelakaan medis serius".

Virus pemicu AIDS tersebut diyakini ditularkan saat dokter tidak membuang jarum suntik yang sudah dipakai, sehingga HIV berpindah dari satu pasien positif HIV ke lima pasien lain. Tindakan menggunakan jarum suntik tidak steril adalah pelanggaran dalam dunia medis.

Netizen di China bereaksi keras atas inisiden tersebut. Mereka khawatir HIV akan menyebar karena praktik medis yang salah.

Menurut kantor berita AFP, berita-berita mengenai kasus penularan HIV di media dan media sosial di China disensor oleh pemerintah.

Walau pemerintah China mengatakan hasil penyelidikan menyebut ada 5 pasien tertular HIV, tetapi tidak diungkap jumlah total orang yang terinfeksi akibat kejadian ini. Selain itu, terapi apa yang dilakukan dokter di rumah sakit itu juga tidak disebutkan.

Menurut data PBB tahun 2015, ada 500.000 orang dengan HIV/AIDS di China. Pemerintah Tiongkok mengatakan telah melakukan sejumlah upaya untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Pada tahun 1990, sekitar 1000 orang terpapar HIV akibat skandal penjualan darah di provinsi Henan, China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.