Kompas.com - 27/02/2017, 08:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Belakangan muncul beberapa tren kesehatan baru, seperti mengonsumsi biji alpukat, yang kini sedang naik daun di dunia online. Sayangnya, tren ini dan beberapa tren lainnya ternyata tidak memiliki bukti ilmiah aman untuk kesehatan.

Makan biji alpukat

Banyak blogger asal Amerika yang memosting video tentang bagaimana cara menggiling biji alpukat dan kemudian mencampurkannya ke dalam smoothie.

Mereka mengatakan bahwa biji alpukat juga baik untuk dikonsumsi karena merupakan sumber antioksidan dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari virus.

Walau biji alpukat memang mengandung antioksidan, California Avocado Commission tidak merekomendasikan siapapun untuk mengonsumsi biji alpukat. Sebab, biji alpukat juga mengandung unsur-unsur yang tidak cocok bagi manusia.

Terapis nutrisi Ian Marber mengatakan, “Memang belum ada studi pada manusia yang membuktikan efek dari konsumsi biji alpukat. Namun, biji alpukat terbukti berbahaya bagi hewan. Kesimpulannya, biji aplukat tidak baik untuk kita konsumsi karena adanya risiko tersebut.”

Minum air garam laut Himalaya

Beberapa kelompok kesehatan sangat percaya bahwa mengonsumsi air yang dicampur dengan garam Himalaya dan diminum setiap pagi akan membantu proses penurunan berat badan hingga varises.

"Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung gagasan bahwa minum air garam Himalaya, bahkan dalam jumlah wajar, dapat bermanfaat bagi kesehatan," kata Nicholas Barat dari Rumah Sakit Spire St Anthony di Sutton.

Dia juga khawatir bahwa petunjuk untuk membuatnya pun tidak cukup tepat. Bila orang salah mengerti dan menambahkan banyak garam pada air, cara itu bisa membuat mereka sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.