Pentingnya Vaksin Meningitis Bagi Calon Jemaah Umrah dan Haji

Kompas.com - 16/01/2020, 08:00 WIB
Umat Islam mengelilingi Kakbah, bangunan suci di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi, bagian dari kegiatan haji, AP PHOTO / AMR NABILUmat Islam mengelilingi Kakbah, bangunan suci di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi, bagian dari kegiatan haji,

KOMPAS.com - Sebelum berangkat umrah atau haji, umat muslim di Tanah Air diwajibkan melakukan vaksi meningitis lebih dulu.

Kebijakan itu tak bisa disangkal.

Para calon jemaah umrah dan haji yang ingin pergi ke Arab Saudi harus bisa menunjukkan kepemilikan sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah memperoleh vaksin.

Cegah serangan penyakit

Penanggung Jawab Vaccine Clinic RS JIH Solo, dr. Ira Fania F., menerangkan vaksin meningitis perlu diberikan kepada para calon jemaah umrah atau haji agar mereka terhindar dari serangan penyakit meningitis selama berada di Tanah Suci.

Baca juga: Cerita Ashanty soal Penyakit Autoimun dan Ambruk karena Gejala Meningitis

Dia menjelaskan di Arab Saudi, para jemaah dari Indonesia kemungkinan akan berbaur dengan jemaah dari Afrika, Amerika Utara, Amerika Latin, maupun Selandia Baru yang merupakan negara endemik meningitis meningokokus.

"Pemberian vaksin ini penting untuk mencegah penularan penyakit meningitis yang mungkin dibawa oleh jemaah dari negara lain," jelas Ira saat diwawancarai Kompas.com, Rabu (15/1/2020).

Gejala penyakit meningitis

Ira menjelaskan meningitis adalah penyakit menular yang menimbulkan peradangan pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang.

Penyebab utama meningitis yakni infeksi virus dan bakteri.

Menurut dia, proses penularan penyakit meningitis tergolong mudah.

Penyakit ini bisa menular dari manusia ke manusia melalui saluran pernapasan ataupun cipratan air liur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X