Konsumsi Kopi Berlebihan Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

Kompas.com - 07/03/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi Eldoradosupervector/ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Meneguk secangkir kopi di siang hari saat kantuk menerjang memang terasa menyegarkan.

Minuman berkafein ini juga kerap dijadikan minuman pendamping ketika berdiskusi atau sekadar ngobrol santai bersama teman.

Faktanya, terlalu sering minum kopi dapat bisa melemahkan sistem imunitas tubuh untuk melawan infeksi.

Selain itu, laman Copeman Healthcare juga melaporkan bahwa konsumsi kafein berlebihan dapat memicu pelepasan produksi hormon kortisol yang tinggi sebagai respons terhadap stres fisik dan mental.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Konsumsi Buah dan Sayur untuk Tingkatkan Imunitas

Akibatnya, tubuh tentan mengalami peningkatan gula darah, kolesterol dan trigliserida yang tinggi, serta penekanan pada sistem imunitas tubuh.

Melansir laman The Healthsite, konsultan nutrisi Niti Desai juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, kopi bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh lewat tiga cara berikut:

1. Meningkatkan produksi hormon stres

Kafein dalam kopi bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan hormon stres atau kortisol.

Sementara itu, hormon stres berlebihan dapat menganggu sistem kekebalan tubuh yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Peningkatan hormon kostrisol juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, fluktuasi gula darah, peningkatan kolesterol dan trigliserida.

2. Mengganggu sel-sel kekebalan tubuh

Asupan kafein yang tinggi dapat menekan produksi antibodi dalam tubuh. Pasalnya, kafein memblokir sel T dan sel B dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X