Mengenal Alat Reproduksi dan Aktivitas Seksual Pria

Kompas.com - 25/03/2020, 20:01 WIB
Ilustrasi anatomi organ reproduksi pria mynewyorkminute.orgIlustrasi anatomi organ reproduksi pria

KOMPAS.com – Masalah seksualitas selalu menarik untuk dibahas karena menyangkut tata nilai kehidupan manusia yang lebih tinggi.

Pada manusia, hubungan seks ditujukan untuk dapat mempertahankan keturunan dan juga kenikmatan.

Hal itu berbeda dengan binatang, di mana seks hanya untuk kepentingan mempertahankan generasi atau keturunan dan dilakukan pada musim tertentu serta berdasarkan dorongan insting.

Baca juga: Mengenal Alat Reproduksi Wanita

Seksualitas pada manusia lebih jauh berkaitan dengan masalah biologis, fisiologis, psikologis, sosial, dan juga norma yang berlaku.

Terkait masalah seksualitas ini, salah satu hal yang kiranya perlu dipahami yakni mengenai alat reproduksi dan aktivitas seksual pria.

Melansir Buku Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi 2 (2009) karya dr. Ida Ayu Chandranita Manuaba, Sp.OG, secara umum alat reproduksi pria hampir selurunya berada di luar.

Berikut ini bagian-bagiannya:

1. Penis

Penis adalah jaringan erektil yang berfungsi untuk deposit sperma dalam hubungan seksual sehingga dapat ditampung dalam liang senggama.

Struktur anatomi penis, yakni terdapat bagian yang disebut kapernus yang dapat membesarkan dan memberi keteganggan pada alat reproduksi tersebut.

Baca juga: Jangan Salah Paham, Kenali 7 Fakta tentang Penis Berikut

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X