Kompas.com - 22/04/2020, 12:04 WIB
Ilustrasi perut buncit ShutterstockIlustrasi perut buncit

KOMPAS.com – Beberapa tanaman herbal untuk alternatif atasi perut buncit tersedia di sekitar kita.

Tak bisa disangkal, kegemukan saat ini menjadi masalah kesehatan global yang jumlah penderitanya terus bertambah dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah penderita obesita di dunia meningkat sudah hampir tiga kali lipat dibanding tahun 1975, dengan estimasi 1,9 miliar orang dewasa menderita overweigh dan 650 juta orang mengalami obesitas.

Di Indonesia sendiri, menurut data Riskesdas 2013, prevalensi penderita overweight dan obesitas mencapai 13.5 persen dan 15,4 persen dari seluruh populasi.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Herbal untuk Cegah Infeksi Virus Corona

Penambahan jumlah penderita kegemukan tersebut tidak terlepas disebabkan oleh pola hidup masyaraka yang tidak sehat.

Manusia modern akhirnya dikaitkan dengan kecenderungan memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan olahan tinggi karbohidrat dan lemak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, masyarakat menjadi kurang aktif bergerak karena hadirnya kemudahan di berbagai sektor kehidupan, misalnya saja transportasi.

Di sektor pekerjaan, masyarakat juga kini sangat terbantu dengan beroperasinya berbagai mesin atau alat lain produk kemajuan teknologi.

Selain faktor kemudahan tersebut, faktor genetis juga berperan dalam meningkatkan kecenderungan seseorang untuk bisa menjadi gemuk.

Sementara, kondisi kegemukan dengan ciri perut buncit ini adalah faktor risiko penyebab terjadinya berbagai penyakit kronik, seperti:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X