Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2020, 06:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Apakah Anda termasuk pemilik golongan darah A yang gemar mengonsumsi buah?

Jika iya, Anda patut bersyukur. Hal itu dikarenakan, tubuh pemilik golongan darah A paling serasi dengan makanan vegetaris, yakni makanan serba nabati.

Dengan begitu, Anda bisa dengan lebih leluasa mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan untuk menunjang kesehatan.

Baca juga: Ragam Buah yang Perlu Dihindari Pemilik Golongan Darah O

Anda pun disarankan mengosumsi buah sedikitnya 3 porsi per hari. Di mana, satu porsi sama dengan satu buah atau 100-150 gram buah.

Bagi pemilik golongan darah A, buah adalah makanan pembentuk basa (alkaline forming) yang menyehatkan.

Buah yang patut diwaspadai pemilik golongan darah A

Meski pada dasarnya tidak ada buah yang harus dipantang. Namun, pemilik golongan darah A tetap perlu mewaspadai beberapa jenis buah yang bisa menimbulkan efek samping berupa gangguan kesehatan.

Melansir Buku Resep Hidangan Sehat Alami Selera Indonesia: Diet Sehat Golongan Darah A (2015) oleh Wied Harry Apriadji, Ahli naturopatis asal Amerika Serikat (AS), Dr. Peter J. D’Adamo, mengingatkan bahwa sebaiknya pemilik golongan darah A berhati-hati dengan empat buah berikut:

  • Pisang
  • Mangga
  • Jeruk (khususnya jeruk orange dan jeruk keprok, seperti jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk garut)
  • Pepaya

Keempat jenis buah tersebut pasalnya dapat mencetuskan gangguan kesehatan, terutama pada saluran pencernaan, mengingat kandungan lektinnya cukup tinggi.

Baca juga: 8 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur untuk Pasok Energi dan Imunitas

Lektin merupakan sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh. Protein ini diketahui tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Padahal, jika dibandingkan dengan pemilik golongan darah jenis lain, para pemilik golongan darah A memiliki tubuh yang cenderung lebih sensitif terhadap kandungan lektin dalam makanan.

Lambung pemiliki golongan darah A lebih sedikit memproduksi asam lambung, sehingga kemampuannya dalam mencerna makanan berat khususnya, sangat terbatas.

Dr. Peter J. D’Adamo bahkan mengutarakan, buah jeruk keprok bisa saja menyebabkan iritasi lambung dan menghambat penyerapan beberapa mineral penting pada pemilik golongan darah A.

Namun, bagi orang Asia yang sudah terbiasa mengonsumsi buah-buahan tropis, boleh jadi pandangan tersebut tidak menimbulkan masalah.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Herbal yang Baik untuk Jaga Imunitas Saat Puasa

Hanya, apabila pisang, mangga, jeruk orange atau jeruk keprok, dan pepaya terbukti benar bisa mendatangkan gangguan kesehatan, para pemilik golongan darah A lebih baik mulai membatasi konsumsi buah-buahan itu.

Selain empat buah tadi, para pemilik golongan darah A juga disarankan untuk bisa mewaspadai buah-buahan yang berkadar air telatif rendah berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com