8 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur untuk Pasok Energi dan Imunitas

Kompas.com - 04/05/2020, 03:55 WIB
Ilustrasi pisang moodboardIlustrasi pisang

KOMPAS.com – Santap sahur adalah momen penting untuk mengawali ibadah puasa Ramadhan.

Melewatkan makan sahur sama saja melewatkan kesempatan mengisi bekal energi untuk modal puasa seharian hingga magrib.

Guna mendukung hal tersebut, santap sahur seyogianya diisi dengan aktivitas mengonsumsi makanan bergizi, termasuk buah.

Mengonsumsi buah-buahan baik dilakukan karena bahan makanan ini terbukti mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh.

Baca juga: Waspadai Efek Buruk Minum Teh Saat Buka Puasa dan Sahur

Nutrisi dan vitamin tersebut tak hanya berfungsi sebagai sumber tenaga, tapi juga dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat atau tidak mudah terserang penyakit meski tidak makan dan minum hampir seharian.

Berikut ini beberapa pilihan buah yang baik dikonsumsi saat sahur:

1. Pisang

Melansir Buku Jus Buah & Sahur Peningkat Daya Tahan Tubuh (2020) oleh Tuti Soenardi, buah pisang mengandung gula yang bisa cepat masuk dalam aliran darah kalau dikonsumsi dan cepat menjadi sumber tenaga.

Selain itu, pisang merupakan sumber kalium yang sangat penting untuk semua fungsi sel dalam tubuh. Karena nutrisi ini, buah pisang bersama kandungan mineral lainnya dianggap berguna untuk fungsi otot dan saraf.

Tak hanya itu, pisang juga menjadi bahan makanan sumber vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pectin yang dapat membantu mengeluarkan sisa toxin dari tubuh.

Baca juga: Waspadai Efek Buruk Makan Mi Instan Saat Buka Puasa dan Sahur

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X