10 Penyebab Varises, Tak Hanya Duduk Terlalu Lama

Kompas.com - 11/07/2020, 15:01 WIB
/Ilustrasi Shutterstock/Ilustrasi

KOMPAS – Varises adalah gangguan pembuluh darah vena yang paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis.

Selain bisa menyebabkan rasa sakit atau keadaan yang sangat tidak nyaman, varises tidak bisa dipungkiri terkadang dapat mengganggu penampilan fisik sebab tidak enak dipandang mata maupun untuk diraba.

Melansir Mayo Clinic, penyebab varises pada dasarnya adalah karena berkurangnya elastisitas dinding pembuluh darah vena sehingga menjadi melemah dan tidak mampu mengalirkan darah ke jantung sebagaimana semestinya.

Baca juga: Jenis-jenis Obat Diabetes Tipe 1 dan Obat Diabetes Tipe 2

Seperti diketahui, aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi sehingga pembuluh darah seharusnya kuat. Demikian juga dengan dinamisasi otot di sekelilingnya.

Sayangnya, kadang kala vena tidak mempunyai kemampuan yang cukup untuk mendorong muatan darah sampai ke atas, apalagi jika terjadi kerusakan atau melemahnya katup-katup vena, maka akan terjadi varises.

Darah yang seharusnya ke atas menuju jantung malah kembali turun ke bawah, sehingga membuat vena melebar dan darah mengeras di pembuluh darah vena.

Kondisi ini pun membuat vena menonjol dan tampak berkelok-kelok di permukaan kulit.

Terdapat sejumlah faktor yang dapat membuat tekanan tinggi pada dinding pembuluh vega sehingga bisa meregang atau kehilangan elastisitas dan katup di dalamnya melemah.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab varises:

1. Duduk terlalu lama

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X