Jenis-jenis Obat Diabetes Tipe 1 dan Obat Diabetes Tipe 2

Kompas.com - 02/07/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi obat untuk virus corona, obat corona ShutterstockIlustrasi obat untuk virus corona, obat corona

KOMPAS.com – Penyakit diabetes adalah penyakit kronis yang pada kenyataannya tidak bisa disembuhkan.

Penderita diabetes dan keluarga harus mengerti, yang ada adalah konversi diabetes menjadi, misalnya diabetes yang terkontrol oleh diet saja.

Tujuan dari pengobatan diabetes sendiri adalah untuk mengontrol kadar gula darah penderita dalam kadar atau mendekati normal, serta mencegah komplikasi berbahaya yang dapat terjadi pada penderita diabetes.

Baca juga: Kenali Gejala Khusus Diabetes Tipe 1

Dalam pengobatan diabetes, langkah pertama yang harus dilakukan adalah penatalaksanaan tanpa obat berupa pengaturan diet dan olahraga.

Apabila dengan langkah pertama ini tujuan pengobatan belum tercapai, dapat dikombinasikan dengan langkah farmakologis atau pemberian obat diabetes.

Berikut ini beberapa jenis obat diabetes yang dijual bebas atau perlu resep dokter, berikut efek sampingnya:

Obat diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah kondisi di mana sel-sel β Langerhans kelenjar pankreas rusak, sehingga tidak lagi dapat memproduksi insulin.

Maka dari itu, terapi insulin merupakan satu keharusan bagi penderita diabetes tipe 1 untuk mengontrol kadar gula darah.

Meski sebagian besar penderita DM Tipe 2 tidak memerlukan terapi insulin, namun hampir 30 persen ternyata memerlukan terapi insulin juga di samping terapi hipoglikemik oral.

Berikut ini adalah beberapa jenis obat yang mungkin diperlukan oleh penderita diabetes tipe 1:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X