Jangan Anggap Sepele, Minum Cukup Air Penting bagi Tubuh

Kompas.com - 25/07/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi air minum YSedovaIlustrasi air minum

KOMPAS.com - Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Namun, air dalam tubuh bisa saja berkurang dan berpotensi memicu dehidrasi.

Padahal, dehidrasi bisa berakibat fatal bagi seluruh organ tubuh kita. Itu sebabnya, kita disarankan untuk mengonsumsi air dengan cukup setiap harinya.

Ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk mengonsumsi sekitar dua liter air putih setiap hari. Akan tetapi, kebutuhan cairan setiap tubuh berbeda-beda.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai

Manfaat minum cukup air setiap hari

Kebutuhan cairan yang tercukupi juga membantu tubuh kita agar berfungsi optimal. Berikut berbagai manfaat minum cukup air setiap hari:

1. Meningkatkan energi dan fungsi otak

Melansir laman Healthline, kehilangan cairan tubuh 1,36 persen setelah berolahraga bisa mengganggu suasana hati dan konsentrasi.

Kondisi tersebut juga bisa meningkatkan frekuensi sakit kepala. Riset juga membuktikan dehidrasi ringan bisa merusak banyak aspek fungsi otak.

Hal ini juga bisa berpengaruh buruk pada kinerja fisik dan daya tahan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Asupan air yang cukup terbukti da[at meningkatkan metabolisme dan menguragi nafsu makan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Healthline
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X