6 Penyebab Umum Nafsu Makan Menurun

Kompas.com - 20/09/2020, 12:05 WIB
ilustrasi tidak nafsu makan Kleber Cordeiroilustrasi tidak nafsu makan

KOMPAS.com - Kehilangan nafsu makan merupakan hal yang kerap terjadi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini secara umum diartikan sebagai tidak memiliki keinginan makan yang sama seperti biasanya.

Perubahan ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan disebabkan oleh berbagai alasan yang jelas maupun tidak jelas.

Tak jarang kehilang nafsu makan ini membuat seseorang mengalami penurunan berat badan.

Baca juga: Nafsu Makan Hilang: Penyebab, Komplikasi, dan Cara Mengobati

Ini karena kondisi ini membuat orang kehilangan minat pada makanan atau pada kasus tertentu memunculkan rasa mual saat ingin makan.

Kehilangan nafsu makan dapat disebabkan oleh sesuatu yang bersifat fisik dan psikologis. Kondisi ini dapat bersifat sementara maupun jangka panjang.

Melansir dari Medical News Today, beberapa orang mungkin kehilangan nafsu makan sebagai gejala kondisi medis yang serius seperti kanker.

Namun, secara garis besar, ada 5 penyebab umum seseorang kehilangan nafsu makan.

1. Infeksi atau penyakit

Infeksi virus atau bakteri yang umum seperti flu dapat menjadi penyebab hilangnya nafsu makan. Biasanya penurunan nafsu makan akibat infeksi atau penyakit ini bersifat sementara.

Dengan kata lain, nafsu makan akan kembali normal ketika seseorang telah sembuh atau pulih.

Beberapa infeksi yang menyebabkan penurunan nafsu makan di antaranya:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X