7 Kebiasaan yang Kerap Dilakukan Penderita Depresi

Kompas.com - 06/01/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi tuaindeedIlustrasi

KOMPAS.com - Penderita depresi kerap tidak menyadari apa yang dialaminya. Apalagi, gejala depresi pada setiap orang sringkali berbeda-beda dan tidak jelas bentuknya.

Tentunya, hal ini akan mempersulit penanganan.Padahal, depresi yang tak segera diatasi bisa memicu komplikasi serius, salah satunya muncul keinginan bunuh diri.

Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari sering dilakukan penderita depresi. Untuk  mengantisipasi keadaan, kita harus lebih peka dengan orang di sekitar kita.

Baca juga: Yang Terjadi Pada Tubuh saat Mengalami Depresi

Berikut kebiasaan yang kerap dilakukan oleh orang dengan depresi:

1. Tidak ingin keluar rumah atau kamar

Beberapa orang dengan depresi bisa tinggal di rumah selama berminggu-minggu atau lebih.

Biasanya, hal ini terjadi karena muncul rasa benci pada diri sendiri atau rasa lelah yang sangat tinggi.

Penderita depresi juga memiliki tingkat energi yang rendah sehingga mereka juga merasa tak memiliki tenaga untuk keluar dari rumah mereka.

2. Merasa bersalah sepanjang waktu

Rasa bersalah adalah perasaan yang sangat normal. Jika Anda melakukan sesuatu yang Anda sesali, rasa bersalah biasanya akan mengikuti.

Akan tetapi, penderita depresi biasanya merasa bersalah atas apa pun yang ia lakukan.

Misalnya, penderita depresi mungkin merasa bersalah karena tidak dapat membantu orang yang menjadi korban bencana alam dan ini, pada gilirannya, membuat mereka merasa tidak berharga.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X