3 Cara Menggunakan Masker yang Bagus untuk Mencegah Covid-19

Kompas.com - 21/02/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi masker medis SHUTTERSTOCK/eakkachai halangIlustrasi masker medis

KOMPAS.com - Menggunakan masker dengan benar adalah salah satu cara utama mencegah penularan Covid-19.

Masker dapat melindungi seseorang yang belum terinfeksi virus corona, sekaligus mencegah penderita menyebarkan virus corona dan biang penyakit yang menular lewat udara lainnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, Jumat (19/2/2021), merilis laporan pengendalian Covid-19 lewat optimalisasi penggunaan masker.

Laporan tersebut dibuat menyusul penyebaran virus corona jenis baru yang lebih menular di sejumlah negara.

Baca juga: 4 Alat Kesehatan yang Perlu Dimiliki di Rumah saat Pandemi Covid-19

Menurut CDC, modifikasi penggunaan masker secara substansial lebih efektif memberikan perlindungan untuk mencegah Covid-19.

Ahli penularan virus lewat udara dari Virginia Tech AS, Linsey Marr, menyebut masker kain kebanyakan efektivitasnya dalam memblokir virus seperti corona hanya sebesar 50 persen.

“Saat ini kita butuh masker yang perlindungannya lebih dari 50 persen,” jelas Marr, seperti dilansir NPR.

Menurut dia, penggunaan masker dengan perlindungan optimal tersebut diperlukan publik terutama saat berada di dalam ruangan, transportasi publik, atau di sekitar kerumunan yang sulit menjaga jarak aman minimal dua meter.

“Saat berada di luar ruangan, masker kain biasa umumnya masih bisa menahan penyebaran virus dan partikel kecil lainnya. Tapi, kita butuh perlindungan terbaik saat berada di dalam ruangan,” jelas Marr.

Baca juga: Syarat Lansia, Komorbid, Penyintas, Ibu Menyusui Boleh Mendapatkan Vaksin Covid-19

Agar lebih aman, berikut beberapa cara menggunakan masker yang bagus untuk mencegah Covid-19:

Halaman:

Sumber CDC,NPR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X