Kompas.com - 25/02/2021, 08:05 WIB
ilustrasi sesak napas shutterstock/Twinsterphotoilustrasi sesak napas

KOMPAS.com - Pneumonia adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman yang masuk ke paru-paru dan saluran udara.

Pada pneumonia aspirasi, kuman ini masuk ke paru-paru karena seseorang secara tidak sengaja menghirup sesuatu, bisa berupa makanan, minuman, atau benda lain, alih-alih menelannya.

Paru-paru yang sehat biasanya dapat menangani bakteri dari insiden ini dan menyingkirkannya sebanyak mungkin dengan menyebabkan seseorang batuk.

Baca juga: 8 Gejala Pneumonia yang Perlu Diwaspadai

Melansir Medical News Today, orang yang mengalami kesulitan batuk, tengah menderita sakit, atau yang sistem kekebalannya lemah lebih rentan terhadap pneumonia aspirasi.

Pneumonia aspirasi paling sering terjadi pada kelompok lanjut usia (lansia) dan anak-anak yang lebih kecil, tetapi tetap saja dapat menyerang siapa saja.

Lantas, apakah seseorang bisa meninggal karena pneumonia aspirasi?

Ada kemungkinan bagi seseorang untuk meninggal dunia karena pneumonia aspirasi.

Oleh sebab itu, seseorang perlu mendapatkan pertolongan atau penanganan dokter sesegera mungkin jika mengalami pneumonia aspirasi.

Dokter akan memberikan pertimbangan khusus pada perawatan setiap orang untuk memastikan mereka menerima antibiotik yang tepat.

Komplikasi yang mengancam jiwa dapat terjadi jika orang tersebut sudah terlalu lama mengidap pneumonia aspirasi tanpa pengobatan atau memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Baca juga: 6 Komplikasi Pneumonia yang Perlu Diwaspadai

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X