Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dipertimbangkan

Kompas.com - 08/05/2021, 12:03 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Sejumlah bahan makanan dan tanaman herbal bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang bisa timbul akibat peningkatan kadar asam urat dalam darah sampai melebihi batas normal.

Asam urat ini kemudian menumpuk dalam ruang sendi dan menyebabkan gangguan pada jaringan sendi.

Baca juga: Berapa Kadar Asam Urat Normal dalam Darah?

Merangkum WebMD, apabila sudah melebihi ambang batas, asam urat dalam darah memang tidak akan bisa larut lagi.

Senyawa ini pada akhirnya akan mengendap menjadi kristal asam urat dan masuk ke organ tubuh, terutama ke dalam persendian.

Kristal asam urat ini lantas dianggap sebagai benda asing oleh tubuh. Hal itu memicu sel-sel kekebalan untuk memusnahkannya.

Munculnya immune cells ini akan menimbulkan reaksi peradangan atau inflamasi yang menyebabkan nyeri dan bengkak kemerahan di persendian yang terkena, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan.

Untuk mangatasi penyakit asam urat atau gout, dokter bisa saja memberikan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Tapi beberapa pengobatan alami mungkin dapat juga membantu untuk meredakan gejala asam urat.

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan dan tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami untuk dipertimbangkan:

1. Ceri

Dilansir dari Health Line, menurut sebuah survei yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Rheumatology pada 2016, konsumsi buah ceri adalah pengobatan rumahan yang sangat populer untuk penyakit asam urat dan berpotensi berhasil bagi banyak orang. 

Baca juga: 12 Makanan Pantangan Asam Urat yang Perlu Dihindari

Buah ceri yang dimaksud dalam survei ini adalah buah ceri apa pun, baik yang memiliki rasa asam atau manis, berwarna merah atau hitam, maupun dalam bentuk buah sehar, jus, atau ekstrak.

Sebuah studi yang diterbitkan Journal Arthritis & Rheumatology pada 2012, juga menyarankan ceri sebagai obat asam urat alami karena dapat bekerja mencegah serangan asam urat.

Studi ini mengungkap peningkatan asupan ceri selama 2 hari bisa menurunkan risiko serangan asam uar hingga 35 persen pada orang-orang yang sebelumnya telah didiagnosis mengalami gout.

Ceri bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami karena mengandung antosianin tinggi. Antosianin merupakan senyawa antiinflamasi.

Baca juga: 13 Makanan Antiinflamasi untuk Bantu Melawan Peradangan

Para peneliti menumukan ada manfaat pengurangan gejala asam urat bagi penderita penyakit asam urat yang makan ceri utuh atau jus ceri, termasuk penderita yang memilih mengonsumsi suplemen ekstrak ceri.

2. Makanan tinggi magnesium

Makanan yang mengandung magnesim tinggi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami.

Beberapa ahli mengklaim magnesium baik untuk asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk tekanan inflamasi kronis di tubuh.

Lagi pula, sebuah studi yang diterbitkan dalam PLoS One ada 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat.

Tapi, penelitian tersebut melaporkan reaksi ini cenderung hanya berlaku untuk pria, tidak pada wanita.

Cobalah mengonsumsi makanan kaya magnesium setiap hari. Hal ini diyakini dapat menurunkan risiko asam urat atau terjadinya asam urat dalam jangka panjang.

Baca juga: 10 Makanan yang Mengandung Magnesium Tinggi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com