Kompas.com - 03/06/2021, 15:04 WIB
Ilustrasi bau mulut TharakornIlustrasi bau mulut

KOMPAS.com – Gejala penyakit ginjal penting dikenali untuk mendukung upaya deteksi dini dan pengobatan atas masalah kesehatan ini.

Dilansir dari WebMD, penyakit ginjal dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk membersihkan darah, menyaring air ekstra dari darah, dan membantu mengontrol tekanan darah.

Tak hanya itu, penyakit ginjal juga dapat memengaruhi produksi sel darah merah dan metabolisme vitamin D yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Baca juga: Alasan Konsumsi Vitamin C Berlebihan Bisa Menyebabkan Batu Ginjal

Tanpa pengobatan, kerusakan pada ginjal bisa semakin parah, bahkan organ ini pada akhirnya bisa berhenti bekerja. Kondisi ini jelas perlu diantisipasi karena bisa mengancam jiwa.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa dicurigai sebagai gejala penyakit ginjal:

1. Merasa lelah sepanjang waktu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sering merasa lelah bisa menjadi gejala penyakit ginjal.

Mengapa demikian? Dilansir dari Life Options, ginjal yang sehat akan memproduksi hormon erythropoietin atau EPO yang bertugas memberitahu tubuh untuk membuat sel darah merah pembawa oksigen.

Saat penyakit ginjal terjadi, ginjal bisa membuat lebih sedikit hormon EPO.

Jika produksi sel darah merah berkurang, darah tidak bisa optimal mengirimkan oksigen ke otak dan otok. Ini adalah anemia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X