Kompas.com - 13/07/2021, 18:04 WIB
Ilustrasi minum air panas Ilustrasi minum air panas

KOMPAS.com - Minum air, panas atau dingin, membuat tubuh tetap sehat dan terhidrasi.

Beberapa orang mengklaim bahwa air panas secara khusus dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meningkatkan relaksasi, dibandingkan dengan minum air dingin.

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air panas dapat memiliki beberapa manfaat, terutama saat pagi hari.

Sebuah penelitian berjudul “A Review of Hot Beverage Temperatures—Satisfying Consumer Preference and Safety” merekomendasikan suhu optimal antara 54 hingga 71°C.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Air Kelapa Bantu Tangkal Covid-19?

Suhu di atas ini dapat menyebabkan luka bakar atau melepuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, apa saja manfaat minum air panas bagi tubuh? Berikut pembahasannya.

1. Dapat meredakan hidung tersumbat

Secangkir air panas menghasilkan uap.

Memegang secangkir air panas dan menghirup uap lembut ini dalam-dalam dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

Minum air panas dapat membantu menghangatkan area selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan sehingga meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Studi berjudul “The effects of a hot drink on nasal airflow and symptoms of common cold and flu” mengungkapkan, minuman panas, seperti teh, memberikan kelegaan saat mengalami pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X