Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2021, 21:03 WIB
Galih Pangestu Jati

Penulis

KOMPAS.com - Bawang putih adalah bahan populer yang telah dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan.

Menurut beberapa penelitian, bawang putih dapat membantu melawan peradangan, mengurangi kadar kolesterol, dan melindungi dari penyakit kronis.

Mengingat banyak khasiat yang dimilikinya, orang mungkin juga bertanya-tanya apakah bawang putih dapat meningkatkan fungsi seksual atau meningkatkan libido.

Melansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu meningkatkan aliran darah, yang mungkin bermanfaat untuk mengobati masalah seperti disfungsi ereksi pada pria.

Baca juga: 7 Penyebab Gairah Seksual Wanita Menurun dan Cara Meningkatkannya

Faktanya, beberapa penelitian pada manusia dan hewan telah menemukan bahwa senyawa tertentu yang ditemukan dalam bawang putih dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Terlebih lagi, satu penelitian di antara 49 pria yang lebih tua menemukan bahwa obat yang mengandung bahan-bahan seperti ekstrak bawang putih tua, ginseng, dan tanduk beludru meningkatkan fungsi ereksi.

Bawang putih juga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, yakni senyawa yang membantu pembuluh darah melebar untuk meningkatkan aliran darah yang lebih baik.
Ini berpotensi membantu meningkatkan fungsi ereksi.

Selain meningkatkan aliran darah, beberapa penelitian menemukan bahwa bawang putih dapat membantu meningkatkan kesuburan pria .

Satu ulasan dari 18 studi menyimpulkan bahwa bawang putih membantu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kadar testosteron.

Hal ini mungkin disebabkan oleh sifat antioksidan yang ada di dalamnya.

Antioksidan tidak hanya dapat membantu melindungi terhadap penyakit kronis tetapi juga dapat memainkan peran kunci dalam kesehatan seksual dan kesuburan.

Bawang putih segar dan ekstrak bawang putih tua kaya akan antioksidan dan dapat membantu menetralkan senyawa berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Menurut satu penelitian di antara 100 pria dengan infertilitas, mengonsumsi suplemen antioksidan meningkatkan jumlah sperma.

Baca juga: 4 Hal yang Tanpa Disadari membuat Gairah Seks Pria Menurun

Menariknya, satu studi pada tikus dengan diabetes menemukan bahwa S-allyl cysteine dari bawang putih meningkatkan fungsi ereksi dengan menghalangi pembentukan radikal bebas.

Penelitian pada hewan lain juga menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat melindungi dari perubahan produksi sperma dan kadar testosteron yang disebabkan oleh kemoterapi.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana bawang putih dapat mempengaruhi kesuburan pria dan kadar testosteron pada manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com