Kompas.com - 07/08/2021, 10:32 WIB

KOMPAS.com - Melalui masa kehamilan di situasi pandemi ini memang penuh kekhawatiran.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), wanita hamil berisiko mengalam gejala parah saat terinfeksi virus Corona.

Saat ini, cara terbaik yang bisa dilakukan agar terhindari dari paparan virus Corona atau Covid-19 adalah mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak aman dan menghindari tempat-tempat umum yang tidak ada orang yang memakai masker.

Ibu hamil juga rentan mengalami stres di masa pandemi ini. Padahal, stres bisa berbahaya bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Baca juga: Bahaya Covid-19 pada Penderita Diabetes

Lalu bagaimana cara mengurangi stres tersebut?

Menurut spesialis obstetri dan ginekologi dari Cleveland Clinic, Oluwatosin Goje, ada berikut beberapa cara atasi stres bagi ibu hamil di masa pandemi ini:

1. Lakukan perencanaan

Ketika mengunjungi dokter untuk periksa kandungan, pasangan Anda mungkin tidak dizinkan menemani agar menghindari kerumunan.

Selain itu, kunjungan ke dokter selama pandemi juga harus dikurangi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

Jika memang harus berkonsultasi langsung, Anda bisa meminta bantuan orang yang mekiliki imunitas kuat untuk mengambil nomor antrian di klinik atau rumah sakit.

Jika pasangan Anda jatuh sakit saat masa persalinan, minta bantuan teman atau kelaurga untuk menemani Anda di momen persalinan tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.