Kompas.com - 02/10/2021, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Di musim penghujan ini, kita rentan sekali terkena flu. Karena itu, kita perlu ekstra hati-hati.

Meski flu bisa sembuh dalam hitungan hari atau minggu, tetap saja aktivitas terganggu saat kita mengalaminya.

Karena itu, kita perlu melakukan pencegahan sedini mungkin. Di tambah lagi, pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini bisa membuat flu semakin sulit ditangani.

Baca juga: Bruxism

Mencegah Flu

Untuk mencegah flu, kita perlu membangun kebiasaan sehat sedari dini. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS, berikut kebiasaan sehat yang membantu kita terhindar dari flu:

1. Hindari kontak dekat.

Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit. Saat Anda sakit, jaga jarak dengan orang lain untuk melindungi mereka agar tidak sakit juga.

2. Tetap di rumah saat Anda sakit.

Jika memungkinkan, hindari beraktivitas di luar rumah saat sakit. Cara oni akan membantu mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.

3. Tutup mulut dan hidung saat bersin

Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin. Cara ini dapat mencegah orang-orang di sekitar Anda dari sakit.

Virus flu menyebar terutama melalui tetesan yang keluar dari hidung atau mulut saat penderita flu batuk, bersin atau berbicara.

4. Rajin cuci tangan

Sering mencuci tangan akan membantu melindungi diri Anda dari kuman. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

5. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut

Kuman dapat menyebar ketika seseorang menyentuh sesuatu yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.