Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2021, 12:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Di musim penghujan ini, kita rentan sekali terkena flu. Karena itu, kita perlu ekstra hati-hati.

Meski flu bisa sembuh dalam hitungan hari atau minggu, tetap saja aktivitas terganggu saat kita mengalaminya.

Karena itu, kita perlu melakukan pencegahan sedini mungkin. Di tambah lagi, pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini bisa membuat flu semakin sulit ditangani.

Baca juga: Bruxism

Mencegah Flu

Untuk mencegah flu, kita perlu membangun kebiasaan sehat sedari dini. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS, berikut kebiasaan sehat yang membantu kita terhindar dari flu:

1. Hindari kontak dekat.

Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit. Saat Anda sakit, jaga jarak dengan orang lain untuk melindungi mereka agar tidak sakit juga.

2. Tetap di rumah saat Anda sakit.

Jika memungkinkan, hindari beraktivitas di luar rumah saat sakit. Cara oni akan membantu mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.

3. Tutup mulut dan hidung saat bersin

Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin. Cara ini dapat mencegah orang-orang di sekitar Anda dari sakit.

Virus flu menyebar terutama melalui tetesan yang keluar dari hidung atau mulut saat penderita flu batuk, bersin atau berbicara.

4. Rajin cuci tangan

Sering mencuci tangan akan membantu melindungi diri Anda dari kuman. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

5. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut

Kuman dapat menyebar ketika seseorang menyentuh sesuatu yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Karena itu, hindari kebiasaan menyentuh area wajah dengan tangan. Anda juga perlu membiasakan memakai masker saat beraktivitas, terutama saat beraktivitas di tempat yang padat.

Kebiasaan baik tersebut juga perlu dikombinasikan dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Baca juga: Trauma Kepala Berat

Anda perlu membersihkan dan mendesinfeksi permukaan benda yang sering disentuh di rumah, kantor atau sekolah, terutama ketika seseorang sakit.

Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti tidur yang cukup, aktif secara fisik, kelola stres, minum banyak cairan, dan konsumsi makanan bergizi.

Sebagai langkah pencegahan, Anda juga perlu mendapatkan vaksin flu. Studi menunjukkan bahwa vaksin flu mengurangi risiko penyakit flu secara keseluruhan dan memperkecil kemungkinan Anda sakit parah jika memang terinfeksi.

Vaksin flu tidak hanya melindungi Anda, tetapi juga melindungi semua orang yang Anda cintai di sekitar Anda," kata Kristin Englund, pakar penyakit menular.

CDC merekomendasikan bahwa setiap orang di atas usia 6 bulan mendapatkan vaksinasi.

Selian vaksin flu, ada baiknya Anda juga mendapatkan vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 disarankan untuk mereka yang berusia di atas 12 tahun.

Anda juga disarankan menyiapkan obat-obatan darurat seperti obat batuk, obat penurun panas, ibuprofen, dan termometer sebagai bentuk perlindungan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com