Kompas.com - 05/10/2021, 19:00 WIB

KOMPAS.comKetika ada gigi yang berlubang, rasanya tentu sangat menyakitkan hingga aktivitas pun terganggu.

Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mencopot gigi yang berlubang itu atau menambalnya ke dokter gigi.

Namun, banyak informasi di luar sana yang mengklaim bahwa gigi berlubang di atas denga pengobatan rumahan. Padahal, informasi tersebut belum terbukti kebenarannya.

Baca juga: Benarkah Nanas Bisa Memicu Keguguran?

Kata Ahli

Menurut ahli gigi Maisie Tolzmann, mecopot gigi berlubang tanpa bantuan dokter sangat tidak disarankan, terutama jika pembusukan telah berkembang melewati email terluar yang keras dari gigi ke dalam dentin.

“Jika Anda memiliki rongga gigi yang cukup besar sehingga meluas ke dentin, permukaan bagian dalam gigi, Anda tidak dapat menghilangkannya sendiri,” kata Tolzmann.

Hal ini terjadi karena rongga telag berkembang lebih cepat di permukaan gigi sehingga Anda memerlukan perawatan tambahan.

Namun, kata Tolzmann, mengatakan jika rongga pada gigi kecil dan nyaris tidak masuk ke dalam email gigi, Anda harus mengambil langkah pencegahan.

“Jika berada di sela-sela gigi, dokter gigi akan merekomendasikan Anda untuk tetap menggunakan flossing, menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, dan menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride untuk memperkuat enamel dan mencegah rongga itu semakin besar,” ucap dia.

Tapi begitu rongganya lebih besar dari karies gigi, Anda perlu perawatan tambahan.

Untuk orang berusia tua yang memiliki banyak gigi berlubang atau anak kecil yang memiliki gigi susu karena segera rontok, kata Tolzmann, dokter gigi terkadang menggunakan silver diamine fluoride (SDF).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.