Kompas.com - 29/11/2021, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Tumbuh kembang anak bukanlah proses instan. Proses ini terjadi teratur, terus-menerus, berkaitan, dan berkesinambungan.

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung sejak pembuahan sampai si kecil tumbuh dewasa.

Menurut Kementerian Kesehatan, pola tumbuh kembang anak dipengaruhi faktor internal dari dalam diri anak dan beragam faktor eksternal sejak pembuahan.

Baca juga: Mengenal Thalasemia Mayor, Penyakit Kelainan Darah Turunan

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas tumbuh kembang anak yang perlu diketahui:

Faktor internal yang memengaruhi tumbuh kembang anak

Terdapat beberapa faktor dari dalam yang berdampak pada tumbuh kembang anak, antara lain:

  • Ras atau etnik

Faktor ras atau ernik menentukan pola tumbuh kembang anak. Misalkan anak yang dilahirkan dari rasa atau bangsa Amerika, tidak memiliki faktor genetik yang diturunkan orang bangsa Indonesia.

  • Faktor keluarga

Terdapat kecenderungan, anak yang lahir dari keluarga dengan postur tubuh tinggi, pendek, gemuk atau kurus juga memiliki postur sejenis.

  • Umur

Kecepatan pertumbuhan paling pesat terjadi pada masa prenatal (janin di dalam kandungan), tahun pertama kehidupan, dan masa remaja.

  • Jenis kelamin

Pola tumbuh kembang anak perempuan dan laki-laki juga berbeda. Fungsi reproduksi anak perempuan berkembang lebih cepat daripada laki laki. Tapi, setelah melewati masa pubertas, pertumbuhan anak laki-laki akan lebih cepat.

  • Genetik

Genetik adalah faktor bawaan anak, yaitu potensi anak yang bakal menjadi ciri khasnya. Beberapa kelainan genetik juga dapat memengaruhi tumbuh kembang anak, seperti kerdil.

Baca juga: 18 Jenis Kelainan Jantung Bawaan

Halaman:
Sumber

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.