Waspadai Bahaya Laten Paparan Asap Rokok Tak Langsung Thirdhand Smoke

Kompas.com - 22/02/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi rokok dan anak-anak. THINKSTOCKIlustrasi rokok dan anak-anak.

KOMPAS.com - Bahaya asap rokok yang kerap digembar-gemborkan selama ini berkutat pada perokok aktif dan pasif.

Perokok aktif adalah orang yang mengonsumsi rokok. Sedangkan perokok pasif adalah orang yang terkena paparan asap rokok dari perokok.

Di luar kedua kelompok tersebut, sejumlah ahli kesehatan juga menyebut potensi bahaya paparan asap rokok tak langsung dari “tangan ketiga” atau thirdhand smoke.

Baca juga: 5 Penyebab Kanker Paru-paru, Tak Hanya Rokok

Dilansir dari Mayo Clinic, thirdhand smoke adalah sisa nikotin dan bahan kimia yang tertinggal di permukaan benda di dalam ruangan yang terpapar asap rokok.

Orang bisa ikut terpapar bahan kimia ini dengan menyentuh atau menghirup gas yang keluar dari permukaan benda yang terkontaminasi asap rokok.

Bahaya paparan asap rokok tak langsung

Seperti diketahui, asap rokok yang diembuskan ke udara bisa menempel di pakaian, furnitur, tirai, dinding, selimut, karpet, debu, kendaraan, dan permukaan benda lainnya.

Melansir laman resmi Cancer Treatment Centers of America, residu atau zat sisa dari bahan kimia asap rokok ini akan menempel di permukaan benda selama bertahun-tahun kemudian.

Bahan tersebut lantas mengalami proses penuaan dan struktur kimianya turut berganti.

Nikotin yang bereaksi dengan polutan udara dalam ruangan seperti asam nitrat dapat membentuk zat karsinogen atau senyawa penyebab kanker.

Baca juga: 8 Alasan Merokok Dapat Merusak Kesehatan Mata

Sejumlah ahli berpendapat, senyawa gas karsinogen tersebut bisa terus-menerus dilepaskan ke udara dan berpotensi mengancam kesehatan orang di sekitarnya, terutama anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X