Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2022, 12:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Berat badan meningkat selama kehamilan adalah hal yang normal.

Namun, peningkatan berat badan yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional dan mengancam kesehatan janin.

Ibu yang mengalami diabetes gestasional berisiko tinggi untuk memiliki bayi dengan berat badan berlebihan dan bayi dengan masalah pernapasan.

Bayi yang lahir dengan berat badan berlenoh juga rentan mengalami diabetes.

Penelitian juga menunjukkan bahwa sekitar setengah dari ibu yang menderita diabetes gestasional akhirnya mengembangkan diabetes tipe 2 dalam 10 tahun ke depan.

Baca juga: Menopause Pengaruhi Kesehatan Tubuh Wanita

Berapa kilogram kenaikan berat badan normal saat hamil?

Kenaikan berat badan saat hamil berbeda-beda pada setiap wanita. Namun, normalnya wanita hamil mengalami kenaikan berat badan sekitar 11 kilogram hingga 15 kilogram.

Jika sebelum hamil seorang wanita memiliki berat abdan yang rendah, maka normalnya berat badan mereka akan naik sekitar 12 kilogram hingga 18 kilogram.

Untuk wanita yang mengalami kelebihan berat badan sebelum hamil, maka normalnya mereka perlu menambah berat badan sekitar enam hingga 11 kilogram saja.

Kecepatan kenaikan berat badan saat hamil juga perlu Anda peerhatikan. Tingkat kenaikan berat badan yang tinggi, terutama pada awal kehamilan, juga dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Tips menjaga kesehatan selama kehamilan

Untuk memastikan kesehatan Anda terjaga selama kehamilan, Anda harus menerapkan cara berikut:

- Tetap aktif berolahraga

Salah satu cara menjaga kesehatan dan menghindari risiko diabetes selaa kehamilan adalah rutin olahraga.

Olahraga akan membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi resistensi insulin. Selama kehamilan, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga atau jalan kaki.

Baca juga: Penyakit Hati Berlemak

- Perhatikan pola makan

Saat trimester pertama, Anda tidak perlu menambah asupan kalori.

Penambahan asupan kalori dibutuhkan ketika kandungan sudah mencapai trimester kedua, dan itu pun hanya sekitar 300 kalori saja.

Anda bisa menambah asupan kalori dengan makanan sehat seperti susu rendah lemak, apel dan kacang selai, atau gandum utuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com