Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Kompas.com - 13/01/2022, 06:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Aktif bergerak dan rutin olahraga sepanjang kehamilan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Untuk itu, setiap ibu hamil dengan kondisi tubuh prima disarankan untuk rutin olahraga ketika mengandung buah hatinya.

Bagi Anda yang masih bingung memilih jenis olahraga yang boleh dan tidak boleh dilakukan ibu hamil sampai rambu-rambu amannya, simak penjelasan berikut.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik dan Sehat untuk Ibu Hamil

Olahraga yang boleh dilakukan ibu hamil

Ketika sudah diberikan lampu hijau boleh berolahraga dari dokter yang menangani, ibu hamil dapat mempertimbangkan beberapa opsi olahraga yang aman.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan, ibu hamil sehat perlu olahraga sekitar 30 menit sehari, setidaknya lima kali seminggu untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Melansir What to Expect, jenis olahraga yang boleh dilakukan ibu hamil yakni olah fisik yang bisa melatih jantung dan pembuluh darah, dapat melancarkan peredaran darah, melatih otot, dan ketahanan, dan minim risiko cedera. Berikut beberapa di antaranya:

  • Renang

Jenis olahraga ini cocok untuk ibu hamil, karena ketika di dalam air tubuh ibu hamil jadi lebih ringan ketimbang saat di darat.

Tak hanya menjaga kebugaran, berenang di kolam renang juga bisa membantu meredakan mual, pegal linu terutama di area panggul, dan mengurangi bengkak di kaki.

Perlu diingat, ibu hamil perlu berhati-hati berjalan di seputar kolam renang yang jalannya cenderung licin. Selain itu, hindari meluncur dan meloncat ke kolam, serta jangan menyelam di dasar kolam.

  • Jalan kaki

Jenis olahraga ini paling praktis dan fleksibel untuk ibu hamil di setiap trimester kehamilan.

Bahkan, ibu hamil yang sedang persiapan persalinan juga dianjurkan olahraga jalan kaki untuk membantu melancarkan kontraksi.

  • Sepeda statis

Olahraga bersepeda di dalam ruangan atau bersepeda statis boleh dilakukan ibu hamil.

Jenis olahraga ini memungkinkan ibu hamil untuk mengontrol kecepatan kayuhan, termasuk tekanan pada sendi pergelangan kaki dan lutut.

Perlu diingat, sepeda statis untuk ibu hamil sebaiknya disetel sesuai usia kehamilan. Upayakan agar posisi setang tegak dan tidak condong ke depan agar tidak menambah tekanan pada perut dan punggung bawah.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan?

  • Pilates khusus ibu hamil

Pilates khusus ibu hamil fokusnya untuk menguatkan bagian inti tubuh dan melatih otot agar tetap fleksibel sepanjang kehamilan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com