Kompas.com - 23/01/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Penyakit diabetes pasti sering Anda dengarkan, bukan? Yah, diabetes terjadi ketika kadar glukosa (gula darah) di tubuh Anda meningkat tajam.

Selain memicu kematian, diabetes juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung, kebutaan, atau gagal ginjal.

Bahkan, penderita diabetes juga rentan mengalami kematian pada saraf sehingga penderita bisa mengalami luka tanpa menyadarinya.

Diabetes juga bisa mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah ke kaki berkurang. Jika kaki terluka, akan sulit disembuhkan dan bisa memicu infeksi parah. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko amputasi.

Sebenarnya, diabetes sendiri ada banyak jenisnya, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Melansir laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), tubuh orang yang mengalami diabetes tipe 2 tidak dapat menggunakan insulin dengan baik.

Insulin adalah hormon yang membantu glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Baca juga: Pahami, Ini Dampak Stres Pada Penderita Diabetes

Sementara itu, tubuh orang yang mengalami diabetes tipe 1 tidak dapat membuat insulin, jadi mereka perlu mengonsumsi insulin setiap hari.

Sedangkan diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang dialami sebagian wanita saat hamil.

Bahkan jika kadar gula darah seorang wanita turun setelah bayinya lahir, dia berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.