Kompas.com - 11/03/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Penyebab muntah darah yang paling umum biasanya berasal gangguan pada saluran pencernaan, lambung, atau usus kecil.

Perlu diketahui, kondisi yang dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah hematemesis ini termasuk keadaan darurat medis.

Ketika muntah darah, segera ke rumah sakit atau berkonsultasi ke dokter. Berikut beberapa kemungkinan penyebab kenapa muntah darah.

Baca juga: Suar Muntah Darah, Kisah Dahlan Iskan Menjadi Penyintas Kanker Hati

Penyebab muntah darah

Dilansir dari NHS, ada beberapa penyebab muntah darah yang paling umum, antara lain:

  • Peradangan lambung

Komplikasi peradangan lambung bisa menyebabkan muntah darah. Penyebab kondisi ini bisa berasal dari tukak lambung atau peradangan pada lapisan lambung (gastritis).

  • Varises esofagus

Varises esofagus adalah pembengkakan vena di bagian bawah saluran makanan atau esofagus. Biasanya, muntah darah terkait varises esofagus tidak menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini jamak disebabkan penyakit liver.

  • Penyakit asam lambung kronis yang parah

Penyakit asam lambung kronis atau gastro esophageal reflux disease (GERD) yang parah bisa memicu muntah darah. Kondisi ini disebabkan kerongkongan cedera atau robek ketika teriritasi asam lambung.

Baca juga: Bagaimana Penyakit Liver Bisa Menyebabkan Muntah Darah?

  • Darah yang tertelan saat mimisan

Ketika mimisan cukup parah, ada kemungkinan sebagian darah tertelan. Kondisi ini terkadang juga bisa memicu muntah darah. Warna darah yang keluar saat muntah ini biasanya berwarna hitam atau cokelat gelap.

  • Keracunan

Ketika seseorang tanpa sengaja menelan racun berbahaya seperti cairan asam yang bersifat korosif atau racun arsenik, penderita bisa mengalami muntah darah.

  • Gangguan darah

Muntah darah terkadang juga bisa jadi tanda penyakit terkait gangguan darah; seperti kadar trombosit rendah, leukemia, hemofilia, atau anemia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.