Kompas.com - 13/03/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Seorang wanita yang mengalami kekerasan dan pelecehan seksual berisiko terkena tekanan darah tinggi dibandingkan wanita yang tidak mengalami trauma tersebut.

Mengutip Healthline, penemuan itu diterbitkan dalam Journal of American Hearth Association.

Peneliti menggunakan Nurse's Health Study II untuk mencari hubungan antara kekerasan seksual atau pelecehan seksual di tempat kerja dan tekanan darah tinggi yang juga dikenal sebagai hipertensi.

Para ilmuwan menggunakan data dari 33.127 wanita, setelah mengecualikan mereka yang sebelumnya didiagnosis dengan hipertensi atau penyakit kardiovaskular.

Baca juga: 4 Bahaya Tekanan Darah Tinggi Selama Kehamilan

Mereka yang menjawab studi kesehatan adalah wanita berusia antara 24-42 tahun yang tinggal di Amerika Serikat.

Peserta menjawab pertanyaan tentang kemungkinan pelecehan seksual di tempat kerja baik secara fisik atau verbal, serta apakah mereka pernah ditekan atau dibuat untuk melakukan kontak seksual yang tidak diinginkan.

Para peneliti mendefinisikan kontak seksual sebagai kontak antara orang lain dan pribadi Anda atau antara Anda dan bagian pribadi orang lain.

Dari peserta, 23 persen pernah mengalami kekerasan seksual, 12 persen pernah mengalami pelecehan seksual di tempat kerja, dan 6 persen pernah mengalami keduanya.

Mereka juga menjawab pertanyaan tentang tekanan darah tinggi dan apakah mereka minum obat antihipertensi 2 kali setahun selama 7 tahun.

“Temuan kami bahwa mengalami serangan seksual dan pelecehan seksual di tempat kerja memiliki risiko hipertensi tertinggi," kata Rebecca B Lawn dari Harvard TH Chan School of Public Health di Boston.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.