Kompas.com - 22/03/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Cara sederhana untuk mengatasi stres salah satunya bisa dengan makan makanan bergizi, seperti sayuran, buah, hingga ikan. 

Mengutip Cleveland Clinic, stres adalah rekasi normal dari tubuh kita ketika terjadi suatu peristiwa perubahan, yang memicu respons fisik, emosional, dan intelektual.

Fakta bahwa tubuh manusia dirancang untuk mengalami stres dan bereaksi terhadapnya.

Salah satu reaksi muncul dari sistem saraf otonom tubuh yang mengontrol detak jantung, pernapasan, perubahan penglihatan, dan banyak lagi.

Baca juga: Penyebab Rambut Rontok pada Wanita, dari Genetika hingga Stres

Ketika seseorang mengalami perubahan atau tantangan, seluruh tubuh akan menghasilkan respons baik secara fisik dan mental.

Misalnya, ketika seseorang sering mendapatkan ancaman di sekolah, ia mungkin akan mengalami sulit tidur, kecemasan, dan makan berlebihan.

Ketika seseorang mengalami stres jangka panjang (kronis), aktivasi lanjutan dari respons stres menyebabkan keausan pada tubuh.

Gejala fisik, emosional dan perilaku berkembang. Misalnya, tekanan darah tinggi, serangan panik, dan ketergantungan pada narkoba.

Sebelum berdampak lebih jauh, sehingga penting untuk menghindari stres dan salah satu solusi alaminya adalah dengan makan makanan yang bisa meningkatkan suasana hati.

Baca juga: Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, dari Tidur hingga Mengatur Stres

Mengutip buku "Buah dan Tanaman Herbal yang Berkhasiat untuk Menghilangkan Stres Depresi" (2021) oleh Jannah Firdaus Mediapro, berikut makan makanan yang bisa mengatasi stres:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.