Kompas.com - 17/03/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Selama ini banyak orang mengira penyebab mata panda karena kurang tidur atau kelelahan.

Hal itu kurang tepat. Beragam masalah kesehatan sampai kondisi fisik tertentu juga bisa memengaruhi terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata.

Seperti diketahui, mata panda kerap dianggap mengganggu penampilan. Terutama bagi orang dengan kondisi wajah yang cerah, karena lingkaran hitam di bawah mata ini semakin kentara.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

Meskipun dirasa mengganggu, tapi sebenarnya mata panda bukanlah masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan.

Simak penyebab sampai cara mencegah masalah mata panda berikut ini.

Penyebab mata panda

Ada beberapa kemungkinan penyebab mata panda yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Kurang tidur

Dilansir dari All About Vision, kurang tidur bisa menyebabkan kulit tampak kusam, termasuk di bawah mata. Kondisi ini juga membuat terbentuknya kantung di bawah mata dan dapat memberikan bayangan lingkaran hitam, seperti mata panda.

  • Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kolagen di kulit bakal menipis. Kondisi ini membuat pembuluh darah di bagian bawahnya semakin kentara, serta area di bawah mata tampak lebih gelap.

  • Alergi

Ketika terkena alergi, tubuh bakal melepaskan zat kimia yang disebut histamin. Kondisi ini membuat pembuluh darah melebar dan bagian bawah mata terlihat lebih gelap.

  • Mata gatal

Gatal pada area mata tanpa disadari kerap membuat seseorang menggaruk-garuk area di seputar mata. Apabila gesekan atau garukan di mata ini berlebihan, pembuluh darah di bawah kulit dekat mata bisa pecah dan terbentuk lingkaran hitam di sekitar mata.

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Tomat

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.