Kompas.com - 30/04/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Momentum kumpul bersama keluarga dan silaturahmi saat Lebaran biasanya dibarengi makan-makan.

Suguhan makanan yang menghiasi perayaan Idul Fitri umumnya juga tinggi kalori, lemak, dan gula.

Seperti misalnya nastar nanas, opor ayam, rendang daging sapi, sambal goreng ati, dan sebagainya.

Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori, lemak jahat, garam, dan gula berlebihan ini bisa meningkatkan risiko penyakit kronis dalam jangka panjang.

Baca juga: 7 Kalori Makanan Khas Lebaran seperti Nastar, Ketupat, sampai Semur

Dokter spesialis penyakit dalam dr RA Adaninggar PN, Sp.PD menjelaskan, sah-sah saja apabila seseorang ingin melakukan cheating day saat Lebaran, asalkan tidak berlebihan.

Perlu diketahui, cheating day adalah satu hari di mana kita memberikan sedikit kebebasan kepada diri sendiri untuk mengonsumsi makanan kesukaan.

“Silakan saja cheating day. Tapi hanya satu hari saja. Jangan berhari-hari. Setelah itu, segera kembali ke jalan yang benar (pola makan sehat),” jelas dokter yang akrab disapa Ning ini saat berbincang di Instagram Live Kementerian Kesehatan, Rabu (27/4/2022).

Menurut Ning, cheating day di hari spesial seperti Lebaran bagi orang sehat umumnya tidak langsung berdampak pada kesehatan.

Baca juga: 4 Tips Cegah Makan Menu Lebaran Berlebihan

Namun, ia mengingatkan bahwa mengonsumsi asupan tinggi kalori, lemak, dan gula bisa jadi biang penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, sampai memicu komplikasi apabila sering atau jadi kebiasaan.

“Kita harus berpikir jangka panjang. Investasi kesehatan itu sangat penting. Kita panennya saat tua. Jangan sampai kita tua jadi sakit-sakitnya. Mulailah dari pola makan yang baik dan olahraga,” kata dia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.