Kompas.com - 27/05/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Mungkin beberapa dari kita sering termakan iklan skincare yang kini marak disuarakan oleh para influencer di sosial media.

Beberapa dari kita juga mungkin merasa bahwa apa yang direkomendasikan ternyata justru membuat kulit wajah kita semakin teriritasi dari biasanya.

Saat mayoritas orang memberikan testimoni yang positif akan suatu produk atau tips tahapan skincare, kita akan bertanya “Apakah ada yang salah dengan kulit wajah kita?”

Baca juga: 4 Salah Kaprah Pemakaian Bahan Skincare yang Bisa Bikin Kulit Rusak

Jika Anda merasa kulit wajah tidak kunjung membaik atau malah menjadi semakin buruk setelah mengikuti sebuah “tren kecantikan”, mungkin saja kesalahannya ada di “tren kecantikan” tersebut.

Seorang beauty vlogger asal Korea Selatan, Liah Yoo mengaku bahwa ia sering berkonsultasi dengan dermatologis di Korea Selatan mengenai masalah kulitnya.

Melalui konsultasi tersebut, Liah Yoo mengatakan bahwa banyak kesalahpahaman akan tips-tips kecantikan yang sering beredar di masyarakat umum.

Berikut ini 10 kesalahan skincare yang sering dilakukan menurut Liah Yoo:

1. Kebiasaan membersihkan wajah dengan agresif

"Membersihkan wajah dengan menggosok agresif, termasuk mencuci wajah berkali-kali dalam sehari dan memilih pembersih yang lebih kuat dan lebih basa, dapat menghilangkan semua komponen penting untuk melembabkan kulit secara alami," kata Yoo.

Hal ini juga ditekankan oleh Dr. Roberta Del Campo, MD. di artikel NBC News.

Roberta berkata bahwa, "Saat mencuci muka terlalu sering, Anda kehilangan minyak dan lemak alami di kulit, yang secara teknis akan menarik sel-sel kulit terpisah sehingga memberi ruang bagi kotoran dan bakteri yang dapat mengganggu dan merusak lapisan kulit."

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.